Langkah Kerja Penanganan DOQ Puyuh Hasil Penetasan

Burung Puyuh Cirebon -
  1. Lakukan pekerjaan dengan hati-hati, teliti, disiplin dan penuh tanggungjawab supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan dan berakibat fatal.
  2. Gunakanlah alat keselamatan kerja seperti sarung tangan, masker dan lain-lain.
  3. Box atau kandang di bersihkan terlebih dahulu sebelum DOQ di tempatkan.
  4. Semprot semua bagian box atau kandang dengan campuran air bersih dan desifektan khusus, desifektan yang digunakan seperti rodalon, antisep, biocid dengan dosis antisep 3 ml atau 1 sendok teh di larutkan dalam 1 liter air, rodalon 15 cc dan biocid 17 cc masing-masing di larutkan ke dalam 10 liter air atau bisa juga dengan melakukan pengapuran box atau lantai dan dinding kandang.
  5. Biarkan box atau kandang sampai kering.
  6. Pasanglah brooder (lampu listrik, smawar, atau gas LPG), apabila menggunakan brooder lampu listrik untuk 1 ekor membutuhkan 1,5 wat.
  7. Atur ketinggian brooder kurang lebih 60 cm dari lantai kandang.
  8. Campurkan air bersih dengan vitachiks atau sejenisnya dengan dosis 1 gram  atau 3 liter air dan masukkan ke dalam tempat minum, untuk 100 ekor puyuh membutuhkan 2 liter  air.
  9. Pasang tempat minum ke dalam kandang atau box dengan cara di letakkan ke lantai kandang serta memasukkan batu korel atau kelereng.
  10. Masukkan anak puyuh yang baru menetas (kering bulu) ke dalam kandang atau box. Kepadatan atau populasi anak puyuh dalam kandang atau box : 1 meter dapat menampung 100 ekor umur 0-1 minggu, 65-75 ekor umur 1-6 minggu dan 25-50 ekor umur 6 minggu-dewasa bertelur dan harus menyesuaikan dengan kondisi kandang serta burung.
  11. Berilah air minum dan pakan secukupnya dan di berikan secara adlibitum pada minggu pertama.
Anakan puyuh


Sekian penjelasan dari puyuh angkawijaya 88 terkait langkah kerja penanganan DOQ puyuh, jika kawan-kawan baik pemula maupun ahli peternakan puyuh mempunyai cara yang berbeda terkait penanganan anak puyuh DOQ mohon infonya. dan bagi anda yang ingin memesan DOQ puyuh silahkan hubungi kami Puyuh Angkawijaya 88.

2 Comments