Syarat Kandang Puyuh Yang Benar Untuk Kesehatan

Burung Puyuh Cirebon  - Pada kandang harus ditempatkan dalam ruang yang sehat untuk puyuh, supaya puyuh bisa terbebas dari penyakit dan produksi telurnya terus berjalan, berikut syarat-syarat kandang puyuh dari segi kesehatan.

Puyuh Angkawiya 88


1. Letak kandang

Untuk mendirikan kandang hendaknya dipilih tempat yang tertinggi dari areal peternakan, sehingga sekitar kandang tetap dalam keadaan kering. Letak kandang yang satu dengan yang lainnya seperti kandang puyuh DOQ., puyuh muda dan dewasa hendaknya cukup lebar jaraknya.

2. Ventilasi kandang

Kandang harus cukup terbuka untuk masuk keluarnya udara dengan adanya pertukaran yang baik, maka di dalam kandang akan selalu terdapat udara yang segar dan sehat.

3. Sinar matahari

Letak kandang diusahakan sedemikian rupa menghadap ke arah sinar matahari yang paling baik, yaitu sinar matahari pagi, karena terbukti sangat baik pengaruhya bagi pertumbuhan puyuh, daya tahan terhadap penyakit, produksi telur juga terhadap fertilitas serta daya tetas telur.

4. Temperatur (Suhu)

Untuk daerah tropis keadaan temperatur dalam ruangan kandang puyuh muda dan dewasa sebaiknya berada antara 21°C – 27°C. Karena pengaruhnya sangat baik seperti pada penjelasan ”Sinar Matahari".

5. Kelembaban

Keadaan kelembaban di dalam ruang kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan puyuh yang tinggal di dalamnya, kelembaban yang tinggi menyebabkan puyuh akan menjadi peka sekali terhadap penyakit-penyakit pernapasan. Uap air yang terdapat di dalam ruangan kandang datangnya dari berbagai sumber, misalnya dari pernapasan, kotoran dan air kencing, percikan-percikan air sewaktu puyuh minum, air sekitar kandang atau areal peternakan tersebut.

Penguapan air berlangsung secara terus menerus sepanjang hari, sehingga menambah tingginya kelembaban udara dalam ruangan kandang. Penguapan air akan bertambah banyak lagi, apabila temperatur di dalam ruangan kandang naik pula. Sehubungan dengan hal di atas, bagi kandang yang diberi alas liter, hendaknya diusahakan supaya keadaan ltter dalam keadaan kering dan tetap mempunyai daya serap yang tinggi. Liter yang sudah padat akan mempertinggi kelembaban dalam kandang, karena sudah kehilangan daya serapnya.

6. Hujan dan angin kencang

Walaupun kandang tadi harus cukup terbuka untuk masuk keluarnya udara, masuknya sinar matahari dan terangnya ruangan kandang, akan tetapi hendaknya dijaga jangan sampai memungkinkan hujan dan angin kencang dengan mudah dapat masuk ke dalamnya. Arah jatuhnya hujan lebat dan arah hembusan angin yang kencang di suatu daerah perlu sekali diperhitungkan untuk konstruksi bangunan kandang.

7. Pohon pelindung

Sepadat mungkin diusahakan pohon-pohon pelindung di sekitar kandang karena lindungan pepohonan itu membuat udara segar, lebih nyaman dan menyenangkan. Selain itu pohon-pohon tersebut juga dapat menahan angin, sehingga kandang tidak begitu banyak mendapat angin langsung. Tetapi pohon-pohon itu hendaknya harus selalu dijaga dan diperhatikan jangan sampai berbahaya bagi keselamatan kandang maupun dan si pemelihara ternak.

Sumber : Modul Operator Pemeliharaan Burung Puyuh BLK Lembang 2018 hal 41

0 Comments